Organisasi Mahasiswa di Indonesia!

id='div-gpt-ad-1418963110683-0' style='width:728px; height:90px;'>
 U_News - Mahasiswa tidak lepas yang namanya organisasi, karena dengan berorganisasi pengalaman dan intelektual akan terasah dan menambah intelektual. Mahasiswa habis kuliah pulang? bukan mahasiswa namanya, mereka yang melakukan hal tersebut pastinya akan merasakan dampaknya nanti setelah kuliah. Kaku dalam menghadapi problem masyarakat.

Kampus sendiri terdapat banyak organisasi kemahasiswaan yang di sebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dari Olahraga, Jurnalistik, Musik, dan masih banyak yang lain.

Nah disini organisasi yang di maksud adalah organisasi luar kampus, yang di mana mereka berperan dalam mengawasi kinerja pemerintah setempat maupun Indonesia. Ada apa saja mari di simak infonya berikut.

1. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)



Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) adalah organisasi kemahasiswaan independen, non-frofit, yang didirikan pada 17 April 1960, di Surabaya. Identitas PMII secara umum terletak pada tiga ruang gerak: Intelektual, Keagamaan, dan Kebangsaan. Identitas tersebut menjadi kekuatan moral dan spiritual untuk memaknai kehidupan berbangsa yang sasarannya adalah untuk menegakkan asas keadilan sosial, mengimplementasikan kedaulatan rakyat (demokrasi), dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah bentuk final.

2. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)





Himpinan Mahasiswa Islam Indonesia 5 Februari 1947 M / 14 Rabiul Awal 1366 H, Tujuan Terbinanya mahasiswa Islam menjadi insan Ulul Albab yang turut bertanggungjawab atas terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah Subhanahu Wata'ala.



3. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)




KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia)adalah sebuah organisasi mahasiswa muslim yang lahir di era reformasi yaitu tepatnya tanggal 29 Maret 1998 di Malang.

KAMMI lahir didasari sebuah keprihatinan yang mendalam terhadap krisis nasional tahun 1998 yang melanda Indonesia. Krisis kepercayaan terutama pada sektor kepemimpinan telah membangkitkan kepekaan para pimpinan aktivis dakwah kampus di seluruh Indonesia yang saat itu berkumpul di UMM.

4. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia


GMNI, lahir sebagai hasil proses peleburan 3 (tiga) organisasi mahasiswa yang berazaskan Marhaenisme Ajaran Bung Karno. Ketiga organisasi itu ialah:

1. GERAKAN MAHASISWA MARHAENIS, berpusat di Jogjakarta
2. GERAKAN MAHASISWA MERDEKA, berpusat di Surabaya
3. GERAKAN MAHASISWA DEMOKRAT INDONESIA, berpusat di Jakarta.

Proses peleburan ketiga organisasi mahasiswa mulai tampak, ketika pada awal bulan September 1953, Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia (GMDI) melakukan pergantian pengurus, yakni dari Dewan Pengurus lama yang dipimpin Drs. Sjarief kepada Dewan Pengurus baru yang diketuai oleh S.M. Hadiprabowo.

Itu beberapa organisasi yang dapat terupdate disini, terserah kamu mau pilih yang mana, sesuai keinginan dan keyakinan kamu.

0 Response to "Organisasi Mahasiswa di Indonesia!"

Post a Comment

Artikel Populer

U News. Powered by Blogger.